Menu

Fashion Trendy
  • Drop Down

    • Abstract
    • Model
    • Techo
    • Options
  • Photography Pictures Product

    Drop Menu

    • Crystal
    • Digital
    • Graphs
    • Settings
  • Menu

    Something's new

    Let's find everything's new in our day life

    • Home
    • Digital Art
      • Pics
        • SEO 1
        • SEO 2
      • CSS
        • CSS 1
        • CSS 2
        • CSS 3
        • CSS 4
        • CSS 5
      • Jquery
        • Jquery 1
        • Jquery 2
    • Fashion
      • Product 1
        • Sub Item
        • Sub Item
      • Product 2
        • Sub Item
        • Sub Item
    • Photography
    • Design
    Go
    Home » Unlabelled » Ilmu Sosial Dasar : Pengertian, Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan IPS

    Ilmu Sosial Dasar : Pengertian, Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan IPS

    Nama : Febriyanto
    Kelas : 1IA01
    NPM : 53413379



    Pengertian Ilmu Sosial Dasar

         Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
    a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
    b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
    c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.

         Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
         Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
    • Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
    Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
    Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.


    Tujuan Ilmu Sosial Dasar

         Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
    a. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
    b. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
    c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
    d. memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.



    Pengertian  Ilmu Pengetahuan Sosial

         Rumusan tentang pengertian IPS telah banyak dikemukakan oleh para ahli IPS
    atau social studies. Di sekolah-sekolah Amerika pengajaran IPS dikenal
    dengan social studies. Jadi, istilah IPS merupakan terjemahan social studies.
    Dengan demikian IPS dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang
    masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari
    berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi,
    ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi
    sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

               
         Untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang IPS, maka penting untuk
    dikemukakan beberapa pengertian social studies dan IPS menurut para ahli.
    ·    - Edgar B Wesley menyatakan bahwa social studies are the social sciences simplified for paedagogieal purposes in school. The social studies consistof geografy history, economic, sociology, civics and various combination of these subjects.
         - John Jarolimek mengemukakan bahwa The social studies as a part of elementary school curriculum draw subject-matter content from the social science, history, sociology, political science, social psychology, philosophy, antropology, and economic. The social studies have been defined as “ those portion of the social science... selected for instructional purposes”

         Demikian beberapa pengertian yang dikembangkan di Amerika Serikat oleh
    beberapa tokoh pendidikan terkenal. Pengembangan IPS di Indonesia banyak
    mengambil ide-ide dasar dari pendapat-pendapat yang dikembangkan di
    Amerika Serikat tersebut. Tujuan, materi, dan penanganannya dikembangkan
    sendiri sesuai dengan tujuan nasional dan aspirasi masyarakat Indonesia. Hal
    ini didasarkan pada realitas, gejala, dan problem sosial yang menjadi kajian
    IPS yang tidak sama dengan negara-negara lain. Setiap negara memiliki
    perkembangan dan model pengembangan social studies yang berbeda.


    Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

         Sama halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPS
    bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan
    nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap
    jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini
    secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran
    pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS.
         Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan
    instruksional atau tujuan pembelajaran.
         Sub bahasan ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS.Tujuan
    kurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:
    ·    - membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat;
    ·    - membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat;
    ·    - membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian;
    ·    - membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan; dan
    ·    - membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan, perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.

         Kelima tujuan di atas harus dicapai dalam pelaksanaan kurikulum IPS di
    berbagai lembaga pendidikan dengan keluasan, kedalaman dan bobot yang
    sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan yang dilaksanakan.


    Persamaan ISD dengan IPS

    1. Dua-duanya merupakan bahan studi untuk pendidikan
    2. Dua-duanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
    3. Duaduanya punya materi yang berasal dari masalah dan kenyataan sosial


    Perbedaan ISD dengan IPS

    1. Ilmu sosial dasar dibrikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA
    2. ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
    3. ISD diarahkan untuk pembentukan sikap, sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.


    Bahan pelajaran ISD

    1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
    2. Masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat
    3. Konsep-konsep sosial dan pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial.


    Hakekat dan Fungsi ISD dalam Perguruan Tinggi adalah sebagai sebuah Dasar kehidupan bagi seorang mahasiswa untuk bersikap semestinya sebagai mahluk sosial / Manusia Sosial, yaitu melakukan kegiatan sosial dalam kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara. Karena manusia membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Maka sudah sebuah kewajiban seorang mahasiswa mendalami dan mengimplementasikan Ilmu Sosial Dasar dalam Kehidupannya, baik di lingkungan Kampus, Rumah maupun Dunia Luar. Itulah Pendapaat Saya (Akhmanzce).


    Sumber :http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html

                 http://blog.sunan-ampel.ac.id/heni/files/2010/10/IPS-1-Paket-1.pdf

    Febriyanto (Ebi)
    Add Comment
    Jumat, 04 Oktober 2013

    facebook

    twitter

    google+

    fb share

    About Febriyanto (Ebi)

    Related Posts
    < Previous Post Next Post >

    Home

    • Home
    • Know More About Me

    Who is Ebi?

    Foto saya
    Febriyanto (Ebi)
    Informatics Engineering, Gunadarma University
    Lihat profil lengkapku

    Blog Archive

    • ►  2015 (3)
      • ►  November (1)
      • ►  Oktober (1)
      • ►  Juni (1)
    • ►  2014 (9)
      • ►  November (4)
      • ►  Oktober (1)
      • ►  Mei (3)
      • ►  Maret (1)
    • ▼  2013 (10)
      • ►  Desember (3)
      • ►  November (3)
      • ▼  Oktober (2)
        • PERKEMBANGAN INDIVIDU DAN KELUARGA
        • Ilmu Sosial Dasar : Pengertian, Tujuan Ilmu Sosial...
      • ►  September (1)
      • ►  Juni (1)
    • ►  2012 (1)
      • ►  Agustus (1)
    • ►  2011 (3)
      • ►  Desember (1)
      • ►  Oktober (2)
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Followers

    Social Share

    Weekly Posts

    • Waiting for something or waiting for nothing?
      Menunggu… menunggu mungkin akan menjadi pekerjaan yang tidak biasa buat orang yang tidak benar-benar menunggu. Tapi akan menjadi pekerjaan ...
    • Menganalisis Logo Perusahaan
      Nama   : Febriyanto Kelas   : 3IA14 NPM     : 53413379 Matkul : Desain Pemodelan Grafik   Identitas suatu perusahaan merupak...
    • COBOL : Organisasi File Index
      Pengertian Suatu organisasi file secara indeks (indexed file) adalah file yang mempunyai indeks atau tabel yang berisi daftar alamat-alam...
    • Program Struk Belanja
      /*PROGRAM STRUK BELANJA*/ /*membuat struk belanja*/ #include <stdio.h> #include <conio.h> #include <iostream.h> mai...
    • New Post (?)
      It's been very a long time that i've never posted a new post again. Gue juga bingung sih mau ngebahas apa, soalnya udah banyak b...
    • Newbie
      Cuma mau ngasih tau kalo gue baru punya blog. Sekian...
    • Analisis Masalah Kebudayaan di Indonesia
          Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Indonesia, negara yang kita cintai ini termasuk ke...
    • Komputasi Hijau (Green Computing)
      Tema : Komputasi Hijau Nama Kelompok: Anha Zulfikar | 51413038 Febriyanto | 53413379 Muhamad Luthfi Alfarisi | 55413743 Sondang Saputr...
    • The Pirate Bay - Away From Keyboard
      The Pirate Bay – Away From Keyboard ( TPB-AFK) adalah sebuah film dokumenter berdasarkan kasus tuntutan dari berbagai pihak tentang huk...
    • Makin Tekun Makin Tidak Karuan
      Hari ini gue ngerasa jadi orang-bego-sebego-bego-nya-orang-bego . Gimana nggak? Bayangin aja tadi gue  ulangan matematika cuma kejawab 2 s...

    Like us On Facebook

    Copyright Something's new 2014 . Template Created by