Nama :
Febriyanto
Kelas
: 3IA14
NPM : 53413379
Matkul : Desain Pemodelan Grafik
Identitas suatu perusahaan merupakan
cerminan dari visi, misi suatu perusahaan yang divisualisasikan dalam logo
perusahaan. Logo merupakan suatu hal yang nyata sebagai pencerminan hal-hal
yang bersifat non visual dari suatu perusahaan, misalnya budaya perilaku,
sikap, kepribadian, yang dituangkan dalam bentuk visual.
Logo bisa berupa gambar, tulisan, atau
gabungan antara keduanya. Logo juga merupakan identitas suatu perusahaan dalam
bentuk visual yang diaplikasikan dalam berbagai sarana fasilitas dan kegiatan
perusahaan sebagai bentuk komunikasi visual. Logo dapat juga disebut dengan
simbol, tanda gambar, merek dagang (trademark) yang berfungsi sebagai lambang
identitas diri dari suatu badan usaha dan tanda pengenal yang merupakan ciri
khas perusahaan.
Berikut adalah beberapa logo yang sering
kita lihat dan beberapa elemen serta filosofi dari logo tersebut:
1. McDonald’s
Dimulai
tahun 1940, sebuah restoran McDonald’s Bar-B-Que dibuka oleh Dick dan Mac
McDonald di Fourtheenth and E streets, San Bernandino, California,
Amerika Serikat.
|
1948's Logo |
Dic dan Mac McDonald’s
memperkenalkan “Speedee Service System” tahun 1948 yang menjadi dasar bagi
pelayanan restoran cepat saji (fast food restaurant) moderen. Maskot asli
restoran McDonald’d adalah Speedee, seorang laki-laki dengan topi koki di atas
kepala yang berbentuk hamburger. Speedee kemudian digantikan oleh Ronald
McDonald, seorang badut yang memakai kostum dan sepatu bergelembung, tahun
1967, didaftarkan pertama kali menjadi merek dagang Amerika Serikat.
|
1961's Logo |
Di tahun 1961 juga McDonald’s
mengganti logo Speedee menjadi M Slashed ”M” Logo s ebagai logo
perusahaan. Di tahun ini juga Ray Kroc membeli McDonald’s bersama hak atas nama
McDonald’s sebesar $2,7 juta. McDonald’s pertama kali didaftarkan menjadi merek
dagang Amerika Serikat pada 4 Mei 1961, dideskripsikan sebagai “Drive-In
Restaurant Serices”.
|
1968-current's Logo |
1968 – current’s Logo
Kemudian pada 13 September di tahun yang sama,
perusahaan mendaftarkan logonya, yaitu lambang dengan dua lengkungan
me mbentuk huruf “M” (Double Arched “M” Symbol). Lambang dua
lengkungan “M” moderen yang terus digunakan sampai saat ini baru muncul mulai
18 November 1968, saat perusahaan mendaftarkan merek dagang logo tersebut dan
menjadi logo terkenal yang terus digunakan sampai akhir tahun 2009.
Filosofi dari Logo McDonald’s
·
Bentuk dari logo McDonald’s
Logo Mcdonalds yang digunakan sekarang terdiri dari
huruf “M” melengkung berwarna kuning keemasan, dimana huruf “M” mewakili nama
dari McDonald’s itu sendiri.
Dua buah lengkungan berwarna emas pada awalnya
didesain untuk menyerupai bentuk simbol yang ada di sisi restoran. Simbol
lengkungan tersebut lalu digabungkan dan membentuk huruf M, yang kemudian mulai
diakui oleh seluruh dunia. Simbol huruf M pertama kali muncul pada tahun 1968.
Ada juga yang mengatakan bahwa huruf M yang “bulat” mewakili dada
seorang ibu, secara tidak sadar. Pada tahun 1960, McDonald mencoba untuk memperbarui
imej mereka, termasuk membuat logo baru. Louis Cheskin, seorang psikolog dan
konsultan desain yang disewa oleh McDonald bersikeras untuk mempertahankan logo
lama, karena logo tersebut memiliki efek Freudian yang membuat pelanggan
berimajinasi tentang dada, yang membuat mereka merasa lapar.
·
Warna
dari logo McDonald’s
Logo
McDonald’s terdiri dari nuansa berwarna kuning keemasan dan merah, yang
menandakan kekuatan dari perusahaan. Dan warna merah digunakan sebagai warna
latar dari logo McDonald’s, yang diartikan sebagai keberanian yang dimiliki
perusahaan tersebut.
·
Font
dari logo McDonald’s
Bersamaan
dengan logo dari huruf M juga tertulis nama McDonald’s dibawahnya. Font yang
digunakan “McDonald’s” bisa dibilang terlihat simple namun apik, dan juga menegaskan
citra yang kuat dari perusahaan tersebut. Font simple yang digunakan berhasil
membuatnya terlihat menarik dan memikat hati.
2. Coca Cola1887
Diciptakan pertama kali di bulan Mei
1886, oleh Dr. John S. Pemberton di Atlanta,
Georgia. Nama "Coca-Cola" sebenarnya merupakan ide
dari Frank Robinson,
yang menjadi pemegang pembukuan Dr. Pemberton, yang kemudian
menggambarkannya dalam bentuk teks script yang melayang,
yang menjadi sangat
terkenal hingga saat ini.
1885
Gambar logo Coca-Cola pertama kali dirancang oleh Frank
Mason Robinson pada tahun 1885. Dia datang dengan ide untuk menggunakan nama
“Coca-Cola” dalam logo. Dia juga menyarankan menggunakan jenis huruf Spencerian
untuk script sehingga logo tampak unik. Logo diumumkan pada tahun 1887 dengan embel-embel
tulisan “Trade Mark” pada ekor Huruf “C” dari tulisan Coca.
1941
Gambar logo Coca-Cola mengalami perubahan besar pertama
ketika didesain ulang pada tahun 1941. Tulisan “Trade Mark” telah dihilangkan,
sementara jenis huruf dijadikan standar dari gambar logo Coca-Cola. Versi ini
tetap menjadi identitas merek Coca Cola selama 19 tahun kemudian.
1958
Pada tahun 1958, Coca-Cola melakukan beberapa perubahan
kreatif pada gambar logo Coca-Cola. Pada
edisi ini tulisan “Trade-Mark” kembali di tampilkan, akan tetapi berada pada
background logo. Desainnya memang tidak diterima dengan baik oleh audience dan
Coca-Cola merubah itu dalam beberapa tahun kemudian.
1969
Pada tahun 1969, Coca Cola memperkenalkan logo baru yang
paling ikonik yaitu dengan tambahan “the famous curve” dalam desain logo-nya.
Tampak sebuah pita yang dinamis, yang sangat dikenal sampai saat ini, tambahan
pita ini melambangkan desain kontur botol Coke. Logo mendapat banyak perhatian
dari massa dan kemudian menjadi simbol dari identitas perusahaan Coca-Cola.
Filosofi dari Logo Coca Cola:
·
Bentuk
dari logo Coca-Cola
Gambar
logo Coca-Cola muncul dalam iklan untuk pertama kalinya di Atlanta Journal pada
tahun 1915. Gambar logo Coca-Cola terdaftar sebagai merek dagang pada tahun
1887 dan sejak itu menjadi identitas eksklusif
perusahaan.
Bentuk
dari logo Coca-Cola terlihat unik dan elegan. Dan mampu menyegarkan tiap orang
yang melihatnya, dan memang seperti itulah tujuan dari pembuatan logo ini, agar
cocok dengan produk minuman soda yang sudah mendunia ini.
·
Warna
dari logo Coca-Cola
Warna
merah dan putih pada logo Coca-Cola melambangkan kesederhanaan, menyenangkan
dan khas untuk menarik orang muda. Sedangkan warna merah melambangkan gairah,
tekad, kemudaan dan vitalitas, warna putih melambangkan pesona dan keanggunan
merek Coca-Cola.
·
Font
dari logo Coca-Cola
Jenis
huruf yang digunakan dalam gambar logo Coca-Colla, disebut “Spencerian”,
diciptakan pada pertengahan abad ke-19 . Itu adalah bentuk dominan dari tulisan
tangan yang resmi di Amerika pada jaman itu. Font berbentuk tulisan sambung ini
terlihat elegan dan mampu menyegarkan tiap orang yang melihatnya.
3. Apple
Apple didirikan pada tahun 1976 oleh
Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne. Sekarang menjelma menjadi
perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan total aset US$ 176 miliar dengan
394 toko ritel dan 72.800 karyawan di seluruh dunia pada tahun 2012.
Gambar Logo Apple tidak diragukan
lagi merupakan salah satu simbol
terbesar dan logo paling terkenal
yang pernah dibuat, dikarenakan memiliki kisah menarik di balik pembuatan logo
tersebut. Awalnya gambar logo Apple terinspirasi oleh apel yang jatuh ke tanah
yang mereferensi dari Sir Isaac Newton yang merumuskan teori legendaris yaitu
gravitasi. Gambar logo Apple yang pertama ini dirancang oleh Ronald Wayne.
Desain kedua menampilkan gambar Apple yang”digigit” dan
terdapat intersect dengan tulisan “apple”, diciptakan oleh desainer grafis
Amerika Rob Janoff yang memiliki tema pelangi – sekaligus menggambarkan
kelahiran warna dalam dunia teknologi informasi. Dalam beberapa interview di
awal, Janoff berkata bahwa tidak pernah ada brief yang sesungguhnya, Steve
hanya berkata kepadanya “not to make it ‘too cute’”, yang lebih menarik gambar
logo Apple ini dibuat hanya menggunakan pensil dan beberapa potongan
kertas. Lambang ini juga merupakan
bentuk apresiasi kepada Alan Mathison Turing (1912-1954),Seorang pendiri ilmu
komputer yang tak terbantahkan , yang diduga bunuh diri dengan memakan apel
beracun sianida-. Setelah tahun 1998, tema pelangi dihilangkan dan beberapa
tema monokromatik diperkenalkan.
Filosofi
dari Logo Apple:
·
Bentuk
dari logo Apple
Gambar
Logo Apple terdiri dari apel yang digigit di sebelah kanan. selain itu terdapat
daun yang juga miring ke arah sisi kanan. Awalnya logo Apple terinspirasi oleh
apel yang jatuh ke tanah yang mereferensi dari Sir Isaac Newton yang merumuskan
teori legendaris yaitu gravitasi.
Seiring
berjalannya waktu, logo Apple diubah sesimple mungkin sehingga dapat terlihat
sangat elegan seperti saat ini.
·
Warna
dari logo Apple
Versi
gambar logo Apple dengan tema kaca menunjukan keaslian, inovasi dan supremasi
perusahaan. Warna bening kaca tersebut juga terlihat sangat simple namun tetap
elegan.
·
Font
dari logo Apple
Tidak semua orang menyadari font
pada logo Apple, karena memang sangat jarang disorot. Hal itu dikarenakan logo
Apple itu sendiri sudah sangat cukup untuk membuat orang-orang tahu produk
Apple. Font pada tulisan Apple pun dipilih sesimple mungkin, namun tetap
menarik perhatian.
4. Google
Sejak pertama kemunculannya
di tahun 1997, Google telah mengalami banyak perubahan, khususnya untuk logo
Google yang mencerminkan perkembangannya hingga kini. Diketahui, logo Google
telah berganti-ganti sebanyak 7 kali mulai dari tahun 1997 sampai saat ini
tahun 2015.
Logo Pertama Google (1997),
dibuat sendiri oleh Sergey Brin dengan menggunakan aplikasi GIMP.
Logo Kedua Google (1998), logo Google dirubah
dengan menggunakan huruf Baskerville Bold dan beberapa kombinasi warna untuk
setiap hurufnya dan penambahan efek Bevel.
Logo Ketiga Google (1998 – 1999), logo Google
berganti lagi dengan penambahan tanda seru yang meniru logo Yahoo! dengan
perubahan susunan warna yang dipakai hingga saat ini. Ditambah juga dengan efek
bayangan pada setiap hurufnya.
Logo Keempat Google (1999 – 2010), logo Google
kembali dirubah dengan menghapus tanda seru dan mengganti jenis hurufnya
menjadi Catull dan masih mempertahankan efek bayangan dan bevel pada
huruf-hurufnya.
Logo Kelima Google (2010 – 2013), Google
merubah logonya menjadi lebih terang dan mengurangi jarak bayangan dari
huruf-hurufnya.
Logo
Keenam Google (2013 – 1 September 2015), Google kembali merubah logonya menjadi
pipih tanpa Bevel dan tanpa bayangan.
Logo Ketujuh Google (1
September 2015), sekali lagi Google merubah logonya dan sangat berbeda dari
sebelumnya namun masih mempertahankan kombinasi warna huruf-hurufnya. Tampilan
logo sederhana dengan sans-serif yang mengganbarkan era baru perubahan besar
pada perusahaan Google. Kini Google juga memunculkan ikon “G” dalam empat warna
berbeda dari sebelumnya hanya satu warna biru (bisa dilihat pada animasi di
atas).
Filosofi
dari Logo Google:
·
Bentuk
dari logo Google
Desain
logo ini apabila diamati memiliki kesan sederhana dan mudah, mirip dengan
konsep yang diambil Google sebagai mesin pencari yang cukup sederhana dan
memberikan kemudahan. Sangat minimalis, dinamis dan modern.
Pada
awal pembuatannya, logo Google ini didesain dengan menghadirkan sebuah kalimat
'Google does not do horoscopes, financial advice or chat'. Namun akhirnya,
kalimat tersebut sama sekali tidak muncul. Hingga akhirnya, sebuah logo yang
terakhir adalah logo yang paling pas untuk melambangkan situs pencari, Google.
Sangat sederhana dengan desain lembut dengan warna-warna yang semarak.
·
Warna
dari logo Google
Google
terdiri dari 4 warna yaitu biru, merah, kuning, dan hijau serta terdiri dari 5
huruf G.O.O.G.L.E. Warna biru memiliki arti berfokus pada koneksi jaringan
internet. Artinya google selalu hanya berfokus pada jaringan internet dan akan
selalu ada serta dibutuhkan di dunia internet. Merah memiliki peran yang
berfokus pada uang. Dalam sejarah pendirian google. Google didirkan sebagai
suatu perusahan internet yang akan menghasilkan uang dari dunia maya. Kuning
berarti google ingin berperan penting dalam dunia sosial internet dan ia
terbuka untuk siapa saja. Hijau berarti bahwa google memiliki penampilan yang
berbeda dengan perusahan internet yang lain. Google ingin tampil beda.
Dari
penjelasan makna diatas memberikan pengertian bahwa google adalah perusahan
internet terbesar dan juga terkaya yang selalu peran penting dan selalu
dibutuhkan dalam dunia sosial serta terbuka untuk siapa saja yang ingin dibantu
olehnya.Font dari logo Google
·
Font
dari logo Google
Untuk
jenis font yang dipilih adalah Catull, sebab font tersebut menyatukan elemen
tradisional dengan serif dan tak meninggalkan elemen modern dengan beberapa
lengkungannya. Hal ini sesuai dengan prinsip pencarian oleh search engine yang
mana untuk mencari informasi di masa lampau.
5. Nike
Nike, Inc adalah perusahaan global
terkemuka Amerika yang berkantor pusat di Washington County, Oregon yang secara
luas dianggap sebagai produsen terbesar pakaian, alas kaki, peralatan olahraga
dan aksesoris berkualitas tinggi. Perusahaan ini awalnya didirikan pada tahun
1964 oleh Bill Bowerman dan Phil Knight sebagai “Blue Ribbon Sports“. Namanya
saat ini diadaptasi pada tahun 1978. Dengan total aset sebesar US $
15.465.000.000 pada 2012, perusahaan kini mempekerjakan lebih dari 44.000 orang
di seluruh dunia.
Nike, dengan ikon brand “Just Do It”
dan logo Swoosh yang legendaris, memiliki nilai $ 10.700.000.000, sehingga
tergolong sebagai merek paling berharga di industri olahraga.
Logo asli Nike dikenal sebagai “strip”, tetapi kemudian
disebut sebagai “Swoosh”, sebagai referensi untuk serat yang digunakan pada
sepatu Nike. Nike “Swoosh” logo memulai debutnya pada musim semi tahun 1972,
yang waktu itu meruapakan fitur pada
sepatu atletik vamp . Nike terdaftar
sebagai merek dagang pada tahun 1995 dan sejak itu memiliki identitas
perusahaan eksklusif Nike Inc. Sejarah dan Evolusi Logo Nike akan terus berkembang
seperti pada lazim nya sebuah perusahaan besar yang akan terus ber-evolusi
Filosofi
dari Logo Nike:
·
Bentuk
dari logo Nike
Kata
Nike berasal dari dewi Yunani yang bernama Dewi Nike. Ini merupakan Mitologi
Yunani kuno dimana Dewi Nike ini selalu dikaitkan dengan kemenangan dan
keberhasilan. Kata nike sendiri diartikan 'dewi kemenangan dan keberhasilan'
yang diyakini oleh bangsa Yunani. Dengan menggunakan nama tersebut, diharapkan
perusahaan yang didirikan oleh Philip Knight ini akan selalu memberikan
keberhasilan dan kemenangan bagi pelanggan yang menggunakan produknya.
Lalu
Symbol centang yang digunakan oleh Nike ini sebenarnya bukan seperti dugaan kita.
Bentuk centang ini diyakini merupakan sebuah symbol sayap sesuai dengan sayap yang
dimiliki Dewi Nike. Logo Nike ini dinamakan dengan Swosh. Nike
"Swosh" merupakan sebuah design yang diciptakan pada tahun 1971.
Pembuatnya bernama Carolyn Davidson, seorang mahasiswi design grafis di
Portland State University. Symbol ini didaftarkan pada merk dagang pada tahun
1995.
·
Warna
dari logo Nike
Warna
logo Nike, terutama pada 'swoosh'nya mengalami perubahan dari putih menjadi
merah-putih. Untuk warna merah, melambangkan passion, energi, kegembiraan.
Sedangkan warna putih melambangkan bangsawan, pesona, dan kemurnian dari merek
Nike itu sendiri.
·
Font
dari logo Nike
Sampai
tahun 1995, logo Nike menampilkan nama perusahaan menggunakan jenis huruf
Futura Bold dalam karakter huruf besar.
6. Starbucks Coffee
Starbucks adalah kopi terbesar rumah
pengecer di dunia saat ini dengan lebih
dari 15.000 toko di lebih dari 42 negara. Dengan adanya toko Starbucks di
hampir setiap sudut, maka jutaan orang bisa melihat logo Starbucks yang
terkenal setiap hari. Logo Starbucks khas telah mencapai pengakuan visual luas
seperti dalam keakraban dengan nama merek Starbucks sendiri.
|
1971 |
Versi awal logo Starbucks diperkenalkan pada tahun 1971,
karya dari Terry Heckled. Tampak disana gambaran siren berekor dua dalam sebuah
lingkaran yang berwarna coklat. Maksudnya ternyata melambangkan kopi yang
memiliki efek memperkuat dan kesan menggoda dari kopi itu sendiri.
Namun, ternyata logo ini mengundang banyak kontroversi.
Bagaimana tidak, karena disana diperlihatkan siren yang bertelanjang dada.
Akhirnya dengan terpaksalah direvisi logo tersebut agar tidak menimbulkan kesan
yang tidak-tidak.
|
1987 |
Pada revisi ini, rambut siren diperpanjang menutupi dada si
siren. Logo yang direvisi pada tahun 1987 ini membuat sebuah perubahan besar.
Yaitu pada warnanya, dirubah total menjadi warna hijau. Maksudnya adalah
mengibaratkan pertumbuhan, kesegaran, keunikan, dan kemakmuran dari perusahaan
yang berkembang pesat.
Namun tetap saja, logo yang sudah
direvisi ini mengundang kontroversi. Alasannya karena posisi siren tersebut
yang masih tetap memperlihatkan badannya.
|
1992 |
Logo ini mengalami revisi pada tahun 1992, dengan menurunkan
posisi gambar siren atau lebih terkesan close up. Sehingga hanya memperlihatkan
wajah siren, dan hanya sedikit sekali badan siren. Pusarnya pun hilang di logo
ketiga ini.
|
2011-current |
2011
Logo ini mengalami revisi baru-baru ini terkait dengan ulang
tahun Starbucks ke 40. Lalu apa yang berbeda dari logo ini? Pada logo ini,
lingkaran dan tulisan Starbucks Coffee dihapuskan. Sehingga hanya
memperlihatkan gambar siren yang close up. Tak hanya itu, logo ini dibuat
dengan hanya 1 warna, yaitu hijau.
Namun lagi-lagi, ternyata logo baru ini mendapat banyak
kecaman terutama dari beberapa desainer. Karena logo ini hanya berupa gambar
tanpa kata-kata. Ditambah lagi, logo ini dianggap membuat kuat kesan siren itu
sendiri.
Filosofi
dari Logo Starbucks Coffee
·
Bentuk
dari logo Starbucks Coffee
Dengan
skema warna hijau cincin melingkar mengelilingi sosok putri duyung mitologis,
Siren. Keseluruhan gambar dirancang dengan menyerupai label cerutu pita.
Simbolisme sirene putri duyung tidak dimaksudkan untuk menyarankan runtuhnya
pelanggan yang membeli kopi, tapi mewakili kualitas menarik dan menggoda dari
kopi itu sendiri.
Tentu
di balik perubahan-perubahannya, Starbucks tidak tanpa alasan mengubah logonya.
Terutama logo terakhir ini. Mereka dengan berani menghilangkan kata
"coffee" yang memang menjadi identitas mereka.
Ternyata
Starbucks mulai berpikir ke dunia luar, tidak hanya pada kopi saja. Karena
dengan "Out of Coffee", mereka akan dengan bebas berinovasi lebih
banyak, dan akan menawarkan produk-produk di luar kopi. Tentunya tanpa
menghilangkan esensi mereka, yaitu kopi.
Dikatakan
juga, siren yang khas pada logo Starbucks kini sudah tanpa belenggu lingkaran
lagi setelah 40 tahun. Dan dengan senyumannya yang khas, akan menyusul
brand-brand terkenal lainnya seperti logo centang pada Nike, apel tergigit pada
Apple. Logo-logo tersebut sangat sederhana, tanpa nama, namun tetap menjadi
nomor 1 di dunia. Itulah yang diincar oleh Starbucks.
·
Warna
dari logo Starbuck Coffee
Warna
hijau yang mendominasi pada logo Starbucks bertujuan untuk membuat mata para
pelanggan terasa nyaman, karena dipercaya warna hijau merupakan warna yang
dapat membuat nyaman. Selain itu, dengan logo Starbucks saat ini membuatnya
terlihat lebih modern dan dinamis.
·
Font
pada logo Starbucks Coffee
Logo Starbuck saat ini sudah tidak
menggunakan tulisan Starbucks Coffee lagi. Namun jenis tulisan yang dipakai
mereka adalah Freight Sans Black SC Font. Dengan menggunakan Font yang simple, mereka
berhasil membuatnya terlihat lebih menarik.
Related Posts